Sabtu, 14 Maret 2009

Tugas Pencemaran Air dan Air Tanah

Pencemaran Air dan Air Tanah

Air merupakan unsur utama penunjang kehidupan makhluk hidup di Bumi ini. Penggunaannya dari yang sangat penting sampai yang kurang penting. Misalnya untuk minum, mandi, mencuci, sarana transportasi, tempat mata pencarian dan banyak lagi lainnya yang tidak kalah penting dari yang telah disebutkan tadi.

Namun kegiatan manusia yang beragam dalam berbagai bidang telah mencemari air, baik itu air permukaan maupun air tanah. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud seperti membuang sampah sembarangan, kegiatan-kegiatan rumah tangga yang menghasilkan limbah domestik, kegiatan industri baik yang keci maupun yang besar yang menghasilkan limbah berbahaya serta kegiatan pertanian yang menghasilkan rembesan-rembesan bahan-bahan pertanian seperti pupuk dan pestisida. Hal ini berakibat mengurangi kualitas air dan mengurangi kuantitas air yang sesuai dengan UU tentang penggolongan air, yang berarti jumlah air bersih di Bumi ini berkurang.

Di kota-kota, air tanah dan air permukaan sudah tercemar limbah sehingga tidak dapat dimanfaatkan. Penyebabnya ya karena hal-hal yang telah disebutkan di atas tadi. Seperti limbah domestik yang berasal dari toilet, kamar mandi, dapur. Apalagi rumah tangga yang tidak memiliki septik tank yang tidak memenuhi syarat maka akan sangat mudah mencemari tanah dan air tanah. Selain itu ada limbah industri yang sangat berpartisipasi dalam pencemaran. Untuk itu kita dapat mencegah penurunan kualitas dan kuantitas air ini dengan pengelolaan air limbah.

Di Indonesia banyak industri kecil dan menengah yang tidak memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah. Sehingga sangat berperan aktif dalam penyumbang limbah ke sekitarnya. Selain itu limbah dari industry besar ada juga yang tidak di olah terlebih dahulu sebelum di lepaskan ke lingkungan sehingga limbah berbahaya yang biasanya dihasilkan industry besar ini mengakibatkan pencemaran air permukaan dan air tanah yang serius.

Dalam penyediaan Instalasi Pengolahan Air Limbah tidak selalu harus dengan teknologi yang tinggi dan canggih serta biaya yang mahal tapi dalam penyediaan Instalasi Pengolahan Air Limbah yang terpenting adalah penggunaan metode penanggulangan yang tepat dan efektif. Penggunaan Instalasi yang tepat biasanya juga tidak menuntut biaya yang tinggi pula.

Masalah kelangkaan air bersih ini adalah masalah yang mengancam kesehatan. Oleh karena itu kita harus berpartisipasi dalam mencegah pencemaran air dan harus berhemat dalam penggunaannya dalam kehidupan.

Tidak ada komentar: